Mon. Jul 6th, 2020

2DUA.COM

Berita Unik Aneh Mistis

10 Tanaman Alami Penghilang Bau Badan

10 min read
Daun-Sirih

Daun-Sirih

Bagikan Artikel :

Pertama adalah Daun Sirih, tanaman yang paling terkenal untuk penghilang bau badan adalah daun sirih. Tanaman tersebut sudah sejak lama dikenal berkhasiat sebagai antiseptik dan mengandung zat zat aktif yang mampu mengusir bau badan yang disebabkan oleh bakteri atau jamur. bahan kimia yang terkandung di dalamnya adalah kadinen, kavikol, seneol, eugeol, karvakol, dan zat samak. Cara menggunakannya mudah, beberapa helai daun sirih direndam dalam air panas. Setelah dingin, airnya diminum. Atau, daun sirih dapat dihaluskan dengan kapur sirih, lalu dioleskan di ketiak.

Daun Bluntas
Daun Bluntas

2. Daun Bluntas
Daun bluntas yang biasa ditanam sebagai tanaman pagar tersebut mempunyai sifat khas berbau langu dan rasan getir. Namun begitu, daun dan bunganya mengandung alkali yang bertindak sebagai antiseptik. Kandungan kimianya antara lain amino (leusin, isoleusin, triptofan, treoin), lemak, kalsium, fosfor, besi, serta vitamin A dan C. Cara menggunakannya, dapat dimakan sebagai lalap mentah atau dikukus. Boleh juga dengan meminum rebusan air daun tersebut. Namun begitu, ada efek sampingnya. Ia dapat menurunkan suhu tubuh dan mendinginkan badan. Dengan begitu, akan banyak keringat yang keluar dan suhu tubuh menjadi turun.

Daun Kemangi
Daun Kemangi

3. Daun Kemangi
Daun kemangi juga mengandung antiseptik. Untuk penggunaan nya, dapat dipakai untuk lalap mentah. Biasanya menjadi pelengkap lalap pecel lele. Jika daun kemangi dikonsumsi satu genggam pagi dan sore selama masa haid, bau badan yang sering menghinggapi perempuan haid, akan berkurang. Efek sampingnya hanya menambah selesar makan. Jadi hati hati bagi yang sedang diet.

Rimpang Temulawak
Rimpang Temulawak

4. Rimpang Temulawak
Temulawak juga efektif untuk menghilangkan bau badan. Sebab, kandungan kimia yang terdapat di dalamnya antara lain sapomin, flavioinoida, dan minyak atsiri. Cara memakainya, minum rebusan rimpang temulawak yang telah diiris halus. Atau, temulawak diparut, lalu air perasan nya ditambahkan sedikit madu. Parutan rimpang temulawak bisa juga dibalurkan ke seluruh tubuh hingga mengering.

Bunga Kecombrang
Bunga Kecombrang

5. Bunga Kecombrang
Bunga kecombrang mengandung berbagai bahan kimia yang efektif untuk menghilangkan BB, seperti sapomin, flavoinoida, dan polifenol. Cara memakainya, daun muda dan bunga di masak, lalu dimakan sebagai teman lauk. Di daerah tertentu bunganya dimasak sebagai sayur lodeh.

6. Jeruk Purut
Jeruk purut juga ampuh sebagai penghilang bau badan. Cara memakainya, campurkan kulit jeruk purut dengan sebatang kencur. Lalu, haluskan bersama dengan air secukupnya. Kemudian, minum sarinya sambil ditambahkan gula untuk mengurangi rasa asamnya.

Jeruk Nipis
Jeruk Nipis

7. Jeruk Nipis
Selain jeruk purut, ada juga jeruk nipis yang efektif untuk menghilangkan bau badan. Bahkan, jeruk nipis sering digunakan untuk menghilangkan amis pada masakan daging atau ikan. Cara memakai untuk menghilangkan bau badan, air perasan jeruk nipis dicampur kapur sirih, lalu dibalurkan di ketiak.

Jahe
Jahe

8. Jahe
Sebagian besar orang India percaya kalau rajin mengonsumsi jahe dapat membuat badan sesorang menebarkan aroma sedap. Menurut Pen Chao Cing dari kaisar Shen Nong (3000 SM), jahe segar dapat dapat menghilangkan bau badan sekaligus mendekatkannya pada aura spiritual. Karenanya, tanaman tersebut bagus untuk penghilang bau badan. Cara menggunakannya dapat diminum sebagai wedang jahe.

Mentimun
Mentimun

9. Mentimun
Mentimun dapat juga digunakan untuk penghilang bau badan. Cara menggunakannya, sari buah mentimun muda digosokkan ke ketiak setiap habis mandi. Selain itu, mentimun bagus untuk pembersih dan penghalus kulit wajah.

Cengkeh
Cengkeh

10. Cengkeh
Berikutnya adalah cengkeh yang biasa nya dijadikan penyedap masakan atau campuran tembakau untuk merokok. Cara menggunakannya, beberapa kuntum bunga cengkih direndam sehingga mengembang. Setelah itu, minum airnya. Air rebusan beberapa kuntum cengkeh yang dicampur gula merah dapat pula menjadi minuman segar dan menghangatkan saat hujan.

Copyright Sadewa | | by 2DUA.COM.