November 28, 2020

2DUA.COM

Berita Unik Aneh Mistis

Tradisi Tahun Baru

13 min read
tahun baru

tahun baru

Kehadiran Tahun Baru Masehi yang jatuh pada tanggal 1 Januari tiap tahun nya banyak dirayakan umat manusia hampir di seluruh penjuru dunia. Kemeriahan malam tahun baru sangat terasa. Sebagai rasa syukur akan lewatnya tahun yang lama dan berharap tahun mendatang lebih baik dari tahun sebelumnya dengan harapan tahun mendatang lebih baik,lebih bahagia,lebih sukses dan hal hal positif lain nya, kita merayakan secara bersama sama dengan berbagai tradisi meriah pada berbagai negara di dunia.

Pesta Kembang Api
Pesta Kembang Api

1. Pesta Kembang Api
Di banyak negara, termasuk di Indonesia, tahun baru dimeriahkan dengan pesta kembang api. berbagai macam ukuran, warna, maupun bentuk memeriahkan langit langit kota. Suara terompet pun terdengar di mana mana. Semua orang menyambut tahun baru dengan sukacita dengan penuh harapan baru yang lebih baik.

Bola Api Viking(Skotlandia)
Bola Api Viking(Skotlandia)

2. Bola Api Viking(Skotlandia)
Cahaya api juga memeriahkan Kota Skotlandia setiap menyambut malam tahun baru. Namun, cahaya api bukan
berasal dari kembang api, cahaya api tanda berlangsung nya acara Festival of Hogmanay. Festival tahunan ini banyak di ikuti lelaki dewasa. Mereka berparade melalui jalan jalan utama sambil memegang suluh yang ujungnya terdapat bola-bola api. Dengan banyaknya peserta, cahaya api pun memenuhi jalanan Kota Skotlandia.
Festival ini berlangsung sepanjang malam tahun baru. Festival ini merupakan tradisi sejak zaman Bangsa Viking menguasai Skandinavia. Mereka percaya bola-bola api tersebut sebagai lambang pemurnian serta pengharapan pada kembalinya matahari untuk mengganti musim dingin.

3. Pecahkan Piring Rumah Tetangga(Denmark)
Tradisi unik dalam menyambut tahun baru juga berlangsung di Denmark. Masyarakat Denmark memecahkan piring dengan melemparkan nya ke pintu di rumah tetangga mereka. Karena tradisi ini sudah berlangsung lama sehingga tak ada satu orang pun yang marah atas tradisi ini. Mereka percaya bahwa semakin banyak dapat memecahkan barang pecah belah maka selama setahun akan mendapat keberuntungan.

Daun Mistletoe,Daun Jodoh(Irlandia)
Daun Mistletoe,Daun Jodoh(Irlandia)

4. Daun Mistletoe,Daun Jodoh(Irlandia)
Di lrlandia, ada kepercayaan bahwa daun mistletoe dapat digunakan untuk mendatangkan jodoh. Adanya kepercayaan itu maka banyak wanita lajang yang menyimpan atau meletakkan beberapa helai daun mistletoe di bawah bantalnya. Biasanya, wanita-wanita tersebut melakukan nya pada malam tahun baru dengan harapan pada tahun depan, mereka akan mendapatkan jodoh. Selain itu, mereka juga percaya kebiasaan ini untuk menjauhkan dari nasib sial. Dengan demikian mereka pun berharap keberuntungan dan kesuksesan hadir di tahun mendatang. Di lrlandia, selain dihadirkan pada tahun baru, daun mistletoe juga sering digunakan sebagai hiasan pada perayaan Natal.

5. Bakar Orang Orangan Dari Jerami(Ekuador)
Apabila di Skotlandia ada pesta bola-bola api maka di Ekuadorjuga menggunakan api untuk memeriahkan tahun baru. Masyarakat Ekuador membuat orang-orangan sawah (scarecrows) dari bahan kumpulan kertas koran dan bilah-bilah kayu. Lalu orang-orangan tersebut dibakar tepat pada pukul 00.00 (saat pergantian tahun). Mereka yakin dengan membakar orang-orangan sawah ini maka segala nasib sial yang terjadi di tahun yang Iewat akan lenyap. Dan tahun mendatang akan dipenuhi dengan keberuntungan dan kebahagiaan.

Bertahun Baru dengan Keluarga yang Telah Meninggal(Chile)
Bertahun Baru dengan Keluarga yang Telah Meninggal(Chile)

6. Bertahun Baru dengan Keluarga yang Telah Meninggal(Chile)
Di Talca, Chile ada tradisi unik setiap pergantian tahun. Masyarakat Talca merayakan malam Tahun Baru tidak hanya bersama keluarga yang masih hidup, tetapi mereka juga merayakan bersama keluarga yang telah meninggal. Mereka yakin bahwa orang orang yang telah meninggal juga merayakan tahun baru. Dengan demikian, tahun baru harus dirayakan bersama-sama. Pada pukul 23.00, gerbang pemakanan utama di Taica dibuka agar masyarakat dapat masuk ke pemakaman tersebut dengan iringan musik klasik dan cahaya lampu yang temaram. Para warga pun lalu berdoa bersama. Dengan adanya tradisi ini maka suasana pemakaman menjadi lebih terang dan syahdu.

Under Wear Warna Warni
Under Wear Warna Warni

7. Under Wear Warna Warni(Amerika Latin)
Penduduk Amerika Iatin, seperti Brazil, Bolivia, Mexico, mempunyai cara tersendiri dalam menyambut tahun baru. Setiap orang mengharapkan tahun baru merupakan tahun yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Untuk menyambut harapan itu, mereka akan mengenakan pakaian dalam (underwear) dengan warna menyala, umumnya warna merah dan kuning. Warna merah melambangkan kehidupan yang penuh cinta, sedangkan warna kuning melambangkan kemakmuran. dengan demikian, mereka berharap tahun mendatang diisi dengan rasa penuh cinta dan kemakmuran.

Berbicara pada Roh(Mexico)
Berbicara pada Roh(Mexico)

8. Berbicara pada Roh(Mexico)
Berbicara pada roh-roh merupakan kepercayaan yang melekat erat pada penduduk Mexico dan malam tahun baru diyakini sebagai saat paling tepat untuk berkomunikasi dengan roh-roh orang mati sebagai cara mendapat pesan tertentu atau petunjuk akan masa depan. Akhirnya, tradisi ini jadi lahan bisnis tahunan. Contohnya, di Taos Inn, sebuah penginapan di New Mexico menawarkan paranormal yang siap jadi penghubung dengan dunia
roh. Satu sesi selama 15 menit ini dihargai USS 15 Dollar.

Copyright Sadewa | Newsphere by AF themes.