Tue. Sep 22nd, 2020

2DUA.COM

Berita Unik Aneh Mistis

Tradisi Perayaan Paskah Di Dunia

16 min read

Dua perayaan besar umat nasrani merupakan natal dan paskah yg dirayakan tiap tahun di berbagai tempat di dunia dan juga termasuk beberapa wilayah di indonesia. Natal merupakan hari kelahiran Tuhan Yesus Kristus, adapun Paskah merupakan adalah hari kebangkitan bagi Yesus Kristus setelah kematian Nya. Perayaan ini tidak hanya dirayakan oleh umat kristiani tetapi umat katolik juga merayakannya, dalam merayakannya umat katolik memulai seminggu sebelumnya, peristiwa yg penting dalam paskah adalah hari Jumat Agung dimana Yesus Kristus disalib hingga wafat, pada hari minggu nya merupakan perayaan paskah, yaitu hari kebangkitan Yesus Kristus. Dibawah merupakan perayaan paskah dibeberapa negara termasuk di indonesia.

 

paskah di indonesia

1. Penyaliban di Larantuka
Di Larantuka, tradisi Jumat Agung digelar dengan berbagai ritual. Ritual ini di ikuti oleh semua umat Katolik dari berbagai kota dan desa di Nusa Tenggara Timur (NTT). Jumat Agung digelar untuk memperingati wafat Yesus Kristus. Prosesi Jumat Agung itu diawali dari perayaan Rabu Trewa. Perayaan Rabu Trewa yang artinya bunyi bunyian. Bunyi bunyian itu seperti bunyi musik dan bunyi lonceng gereja. Kegiatan itu berakhir pada pukul 20.00 WITA. Setelah kegiatan itu berakhir, semua umat katolik di Larantuka larut dalam sepi mengenang kisah sengsara Yesus Kristus sampai wafat di kayu salib pada Jumat Agung. Sebelum tiba Jumat Agung, umat Katolik dan para peziarah lainnya merayakan misa untuk mengenang perjamuan maiam terakhir antara Yesus Kristus dengan murid murid Nya pada perayaan Kamis Putih. Pada perayaan tersebut ada prosesi pembasuhan kaki 12 orang sebagai simbol pembasuhan kaki para rasul yang dilakukan oleh Yesus. Keesokan harinya, tibalah hari Jumat. Prosesi Jumat Agung dihayati sebagai perenungan mengikuti perjalanan Bunda Maria yang begitu berduka cita dalam mengikuti penderitaan putra Nya,Yesus Kristus. Semua umat Katolik berdoa dan bersujud memohon berkat serta rahmat Nya. Setelah usai berdoa, ritual selanjutnya yaitu semua umat mencium kaki Tuan Ma dan Tuan Ana secara bergantian. Kegiatan ini berlangsung dalam suasana hening dan sakral.

 

2. Jumat Agung di Philipina
Tradisi Jumat Agung di Philipina ini dihadiri oleh Jutaan umat Katolik(mayoritas penduduk philipina merupakan katolik karena merupakan agama yg diturunkan oleh penjajah inggris dan spanyol). Tradisi yang digelar yaitu menyalib seseorang. Beberapa orang mengenakan mahkota yang terbuat dari ranting kemudian disalibkan selama beberapa menit oleh para penduduk desa yang berpakaian seperti serdadu Roma. Tradisi ini bertujuan untuk mengenang wafat Yesus yang rela mati di salib untuk menebus umat Nya. Prosesi ini bertujuan untuk menebus dosa, mendoakan bagi mereka yang sakit, memohon hidup yang lebih baik, dan mengucap syukur akan rahmat dan keajaiban yang diberikan Tuhan. Prosesi penyaliban dimulai dengan arak arakan jemaat laki-laki yang berjalan beberapa kilometer. Mereka memukuli punggungnya yang tanpa pakaian dengan tongkat kayu yang ujungnya diikat beberapa bilah bambu. Dengan punggung yang berdarah, mereka merasa bahwa penderitaan tersebut belum sebanding dengan penderitaan Yesus. Setelah itu, dilanjutkan dengan penyaliban di kayu salib.

 

paskah di finlandia

3. Finlandia, Api Unggun
Umat Kristen di Finlandia merayakan Paskah dengan tradisi yang unik. Tradisi yang dilakukan yaitu membakar api unggun pada Minggu Paskah. Dalam tradisi ini, api dipercaya sebagai penangkal penyihir yang terbang saat Jumat Agung dan Minggu Paskah.

 

4. Polandia, Smingus Dyngus
Smigus dyngus adalah salah satu tradisi unik di Polandia. Setelah Paskah, anak laki laki akan melakukan tradisi ini dengan cara membasahi dan menyiram teman teman mereka dengan berbagai cara, menggunakan pistol air mainan atau ember. Tradisi ini dipercayai bahwa apabila ada gadis yang berhasil tersiram, mereka dipercaya akan menikah di tahun ini.

 

5. Prancis, Omelet Raksasa
Di Prancis, tradisi yang digelar pada saat Paskah yaitu dengan membuat omelet raksasa yang disiapkan di alun alun utama kota Haux, Paris. Omelet ini terbuat dari sekitar 4.500 butir telur ayam dan bisa disantap oleh sekitar 1.000 orang.

 

Vatikan paskah

6.  Italia & Vatikan
Pada Jumat Agung, Paus (pimpinan tertinggi umat Katolik) memperingati Crucis Via (Jalan Salib) di Colosseum. Sebuah salib besar dengan obor yang menyala akan menerangi langit. Doa Jalan Salib ini diucapkan dalam beberapa bahasa.

 

paskah di norwegia

7. Norwegia, Membaca Novel
Membaca certia atau novel memang bisa kapan saja. Namun, masyarakat di Norwegia mempunyai tradisi unik yaitu membaca novel kejahatan yang hanya keluar dalam rangkaian thriller Paskah yang disebut Passkekrimmen.

 

paskah di yunani

8. Yunani, Melemparkan Pot Tanah Liat
Masyarakat Yunani dalam menyambut Paskah, dengan melakukan tradisi melemparkan pot tanah liat serta gerabah lain nya keluar jendela mereka dan menghancurkan nya di jalanan. Tradisi ini dilakukan dengan tujuan simbol penyambutan musim semi dan melambangkan tanaman baru yang akan tumbuh dalam pot baru.Tradisi ini disebut pot throwing. Tradisi Paskah lain nya di Yunani yaitu masyarakat saling mengetuktelur dengan telur lain milik tetangga nya dan memecahkan nya agar , membawa keberuntungan.

 

paskah di ceko

9. Ceko & Slovakia, Memukul Perempuan dengan Menggunakan Cambuk
Tradisi unik di negara ini ketika Paskah, yaitu pria akan memukul perempuan dengan menggunakan cambuk yang terbuat dari willow dengan dihiasi pita. Menurut sejarah, pohon willow adalah pohon pertama yang mekar di musim semi sehingga cabang ini diharapkan bisa mentransfer vitalitas dan kesuburan bagi perempuan. Cambukan ini tidak dimaksudkan untuk menimbulkan rasa sakit.

 

paskah di hunggaria

10. Hungaria, Menyiram Air Wangi
Sprinkling merupakan salah satu tradisi ala Hungaria yang paling populer saat Paskah. Para pria akan menyiram air wangi kepada anak perempuan. Penyiraman dan air ini dipercaya memiliki efek pembersihan dan penyembuhan.

 

paskah di spanyol

11. Spanyol, Dansa De La Mort
Di Negara ini tradisi yang dilakukan ketika Paskah, yaitu dengan menggelar tarian tradisional dansa De La Mort, atau tarian kematian.Tradisi ini bertujuan untuk mengenang kembali kisah sengsara Yesus. Semua orang yang ikut tarian ini menggunakan kostum kerangka dan berparade di jalan raya.

 

paskah menukar telur

12. Argentina, Menukar Telur
Tradisi Paskah di Argentina dengan melakukan tukar menukar telur antar keluarga dan teman, kemudian telur itu dimakan. Selain itu, puncak perayaan Paskah dengan menggelar makan bersama keluarga besar dan berburu harta karun yang diselenggarakan oleh pemerintah di kota kota besar negara ini.

 

paskah di amerika

13. Amerika, Permen dan Cokelat
Paskah di Amerika di dominasi oleh permen dan cokelat. Tidak hanya itu, di Washington DC telah menyiapkan telur telur Paskah berisi cokelat dan boleh diambil oleh anak anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright Sadewa | Newsphere by AF themes.