Sun. Apr 5th, 2020

2DUA.COM

Berita Unik Aneh Mistis

Tips Untuk Mengurangi Nyeri Kram Haid Menstruasi

9 min read
Bagikan Artikel :

Mengurangi Nyeri Kram Haid, Tahukah anda bahwa nyeri kram haid menstruasi adalah penyebab utama wanita kehilangan waktu aktifitas di sekolah/kampus/tempat kerja di antara semua wanita sekarang. Nyeri Haid Menstruasi dalam dunia medis juga di sebut sebagai dismenorrhea ( dismenorrhea adalah kondisi medis yang terjadi sewaktu haid/menstruasi yang dapat mengganggu aktivitas dan memerlukan pengobatan yang di tandai dengan rasa nyeri atau rasa sakit di daerah perut maupun panggul wanita, serta hampir terjadi pada 30-75 % wanita dan memerlukan pengobatan. Etiologi dan patogenesis dari dismenore sampai sekarang belum jelas ).

Dibawah ini ada beberapa tips saran yang berguna yang dapat membantu anda meringankan mengurangi Nyeri Kram haid tersebut :

1. Minum air putih hangat saat sedang nyeri kram haid menstruasi akan membantu tubuh mengeluarkan lebih banyak cairan daripada biasa nya sehingga hal ini akan menyamankan perut yang nyeri kram tersebut.

2. Cobalah untuk makan makanan sedikit demi sedikit, makan banyak atau berlebihan cenderung menyebabkan gula darah naik dan berfluktuasi tidak stabil. Daripada makan makanan yang berjumlah besar dalam 3 x sehari, lebih baik makan sedikit demi sedikit mungkin 5x  atau 6x sehari, dan jangan lupa diberi jeda sekitar dua setengah jam terpisah.

3. Olahraga dapat membantu meringankan nyeri kram haid menstruasi dengan meningkatkan tingkat beta endorfin pada otak, karena kimia di otak manusia yaitu zat endorfin akan bertambah dan merupakan obat penghilang rasa sakit alami yang setara dengan pethidine. Studi telah menunjukkan bahwa beta endorfin memiliki efek positif pada suasana hati dan perilaku.

4. Kurangi asupan garam untuk mencegah pengurangan air yang menyebabkan kembung di perut, serta hindari minuman keras dan minuman beralkohol lain nya untuk mengurangi sakit kepala ketika datang haid menstruasi.

5. Belajarlah untuk bersantai dan Istirahat, tidur dan latihan relaksasi dapat membantu mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan  nyeri kram haid menstruasi. atau alternatif lain sebuah pijat santai atau mandi dengan minyak yang dibuat dengan chamomile, lavender, marjoram, jahe atau clary sage dan bisa membantu dalam relaksasi.

6. Konsumsi sayur sayuran dan buah buahan secara continue dengan dosis yang cukup sesuai kebutuhan tubuh anda, karena bagaimanapun sayur dan buah cenderung mempunyai sejenis vitamin yang bisa membantu tubuh untuk menyembuhkan nyeri kram pada saat menstruasi tersebut, tetapi ingat jangan konsumsi berlebihan karena segala sesuatu yang berlebihan juga tidak baik untuk tubuh.

7. Hindari makanan yang mengandung pengawet makanan MSG dan bahan pengawet lain nya maupun makanan yang cenderung berminyak lebih. usahakan konsumsi makanan yang bisa mengurangi rasa sakit nyeri kram menstruasi seperti pisang, ikan salmon, nanas, brokoli, bayam, ayam tanpa lemak dan dark chocolate (ingat makan secukupnya jangan berlebihan).

Jangan pernah menyerah pada rasa sakit, Ada langkah yang dapat Anda ambil untuk membantu meringankan rasa sakit dan ketidaknyamanan tersebut. Jadi lain kali anda mengalami gejala menstruasi haid yang menyakitkan, pastikan anda mencobanya diatas dan ingat jika memang tidak membantu lebih baik anda berkonsultasi dengan dokter anda karena tips yang diberikan diatas hanya sekedar saran untuk mengurangi nyeri kram saat haid menstruasi saja secara alami dan bukan untuk mengobati medis secara tuntas karena bagaimanapun kondisi tubuh anda yang mengetahui adalah anda dan dokter anda, karena akan lebih akurat jika di diagnosa oleh dokter tentu nya.

sumber :  fast-pms-remedy.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright Sadewa | | by 2DUA.COM.