Wed. Jul 8th, 2020

2DUA.COM

Berita Unik Aneh Mistis

Suasana Ramadhan Di Berbagai Negara

17 min read
Bagikan Artikel :

Ramadhan adalah ( bulan) diturunkannya  Al Qur’an , sebagai panduan untuk umat manusia , juga tanda yang jelas  untuk bimbingan dan penilaian ( Antara benar dan salah ) . Selanjutnya jika  salah seorang dari kamu mencapai bulan itu,maka ia harus berpuasa. ( Al Baqarah 185 )

Ramadhan, bulan ke 9  dalam kalender  Islam , adalah bulan yang paling penting dan suci bagi umat Islam. Ayat ayat pertama Al Qur’an diturunkan pada bulan ini . Allah (swt ) ingin Muslim untuk menunaikan puasa pada bulan ini dan seperti yang dinyatakan dalam hadits, Allah (SWT) memberikan lebih banyak pahala untuk ibadah dan rahmat di bulan ini . Para fuqoha  mengatakan bahwa Ramadhan  adalah sebuah bulan yang berlimpah dan mulia yang dapat membuat seorang Muslim, yang menghargai dan menghabiskan waktu dengan ibadah, memperoleh pahala sebanyak banyaknya.

Dibawah merupakan bulan Tradisi Ramadhan Di Berbagai Negara yg dirayakan hingga saat ini  :

1. Bangladesh, India, Pakistan
Malam sebelum ldul Fitri disebut Chand Raat atau malam bulan di Asia Selatan. Para perempuan melukis tangan mereka dengan bahan tradisional hennadan sérta memakai rantai yang wama warni. Pada hari raya nya, orang tua dan anak anak pergi ke masjid atau lapangan terbuka untuk salat id atau disebut juga Eidah. Selesai salat, mereka saling mengucapkan Eid Mubarak kepada umat muslim yang lain. Anak-anak memberi salam kepada orang tua dan mereka akan mendapatkan uang yang disebut eidi. Selain para wanita mempercantik diri, di Bangladesh ada tradisi yang sama dengan di Indonesia. Menjelang hari raya, masyarakat Bangladesh juga mudik ke kampung halamannya. Jumlah pemudik yang cukup banyak menyebabkan angkutan umum tidak mencukupi. Pemudik pun rela berdesakan untuk mencapai tujuan dan bertemu sanak saudara.

aidil fitri malaysia
aidil fitri malaysia

2. Malaysia, Singapura, Brunai
Di negara Malaysia, Singapura, dan Brunei Darrusalam, Idul Fitri dikenal dengan Hari Raya Puasa atau Hari Raya Aidil Fitri. Di Malaysia,juga ada tradisi baik kampung atau mudik seperti di Indonesia. Di sini juga ada tradisi pemberian uang oleh para orang tua kepada anak anak, yang dikenal dengan sebutan duit raya.

idul fitri sydney
idul fitri sydney

3. Australia
Tradisi ldul Fitri di Australia di meriahkan dengan menggelar festival multikultur yang diselenggarakan di Sydney. Festival ini telah berkembang dan diikuti puluhan ribu muslim dan non muslim. Sekarang festival ini telah dilaksanakan di beberapa kota di Australia.

idul fitri arab saudi
idul fitri arab saudi

4. Arab Saudi
Di Arab Saudi, tepatnya di Riyadh, umat muslim mendekorasi rumah nya saat ldul Fitri tiba. Sejumlah perayaan digelar, seperti pagelaran teater, pembacaan puisi, parade, pertunjukan musik, dan sebagainya.Tidak hanya itu saja yang dapat kita ketahui di Arab Saudi, di sini memilik beberapa tradisi yang unik ketika akan menjelang salat Id, seperti berikut :

  • Cuci mobil. Semua mobil di Arab Saudi dicuci bersih. Bahkan, ada mobil baru yang telah dipakai selama satu tahun dan dicucinya hanya sekali, yaitu di hari ldul Fitri.
  • Potong tiga ekor kambing. Acara lebaran yang tidak ketinggalan di Arab Saudi yaitu memotong minimal tiga ekor kambing bersama setiap keluarga.Selain itu, mereka juga mendirikan kemah di sekitar rumah nya.
  • Acara membayar zakat atau acara bagi bagi hadiah. Mereka keliling pakai mobil, dan memberikan paket paket hadiah kepada kalangan tidak mampu.
London Central Mosque
London Central Mosque

5. lnggris
London Central Mosque adalah masjid terbesar di London. Masjid yang dirancang Sir Frederick Gibberd ini sanggup menampung 1.800 jemaah. Pada saat hari raya tiba, semua umat muslim di London memadati masjid ini untuk melakukan salat Id. Salat Id tidak hanya dilakukan di masjid tersebut, tetapi juga dapat dilakukan di kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia, di Grosvernor Square. Kantor KBRI London ini letaknya berdekatan dengan kantor Kedutaan Besar Amerika Serikat.

masjid di Waalwijk
masjid di Waalwijk

6. Belanda
Di Belanda terdapat masjid di Waalwijk. Masjid itu dibangun oleh orang orang Maluku, tetapi dibuka untuk umum. Masjid tersebut menjadi pusat kegiatan keagaamaan  mulai dari Ramadan hingga ldul Fitri. Di hari ldul Fitri, selesai salat Id, mereka menikmati hidangan khas lebaran dan meminum teh mint.

idul fitri rrc
idul fitri rrc

7. Cina
Umat muslim di Cina tidak sebanyak umat muslim di Indonesia. Salat Id di Xinjiang, dipenuhi umat muslim pria yang menggunakan pakaian jas khas dan kopiah putih, sedangkan wanita muslim menggunakan baju hangat dan kerudung. Setelah salat Id, mereka saling maaf memaafkan dan bersilaturahmi, menikmati hidangan khas lebaran, dan berziarah ke makam keluarga.

iran
iran

8. Iran
Perayaan hari lebaran di Iran tidak semarak seperti di negara negara lain karena mayoritas umat muslim di sana adalah pengikut ajaran Syiah. Setelah selesai salat Id mereka melakukan silaturahmi dan dilanjutkan dengan menikmati hidangan lebaran.

turki
turki

9. Turki
Di Turki, ldul Fitri dikenal dengan sebutan Bayram. Biasanya setiap orang akan saling mengucapkan selamat hari raya juga saling memaafkan dan bersilaturahmi ke rumah rumah. Tradisi lain di Turki adalah orang yang lebih muda akan mencium tangan kanan mereka yang lebih tua dan menempatkannya di dahi mereka selagi mengucapkan salam Bayram. Selain itu, anak-anak kecil juga biasa mendatangi rumah di sekitar lingkungannya untuk mengucapkan salam, setelah bersalaman, anak anak akan diberi kue, cokelat, dan permen tradisional, seperti Baklava dan Lokum, atau sejumlah kecil uang. Ada juga tradisi untuk setiap tamu yang datang diberi cologne. Setelah itu, dibagi permen.

rusia
rusia

10. Rusia
Di Moskow, Rusia, umat muslim tidak sebanyak di Indonesia. Di Moskow hanya memiliki lima masjid. Ketika umat muslim di sana akan melaksanakan salat Id, masjid masjid itu tidak dapat menampung jamaah yang membludak. Oleh karenanya, salat Id diadakan dua kali. Salat Id juga tidak mungkin dilakukan di luar, seperti lapangan karena suhu udara yang tidak memungkinkan (sangat dingin). Beduk Rusia tidak sama seperti beduk di Indonesia. Beduk di sana menggunakan kendang gamelan Jawa, sedangkan pukulannya menggunakan kenong atau pukulan kendang. Menu hidangan lebaran di Rusia tidak ada ketupat melainkan ada lontong dan sayurnya. Lontong di Rusia bentuknya segi empat dan dibungkus plastik, bukan daun pisang.

jerman
jerman

11. Jerman
Di Jerman, ldul Fitri dikenal dengan istilah Fasten. Selain itu, warga Turki di Jerman menyebutnya seker bayram atau zuckerfest (bahasa Jerman). Zucker berarti gula dan fest berarti perayaan atau pesta. lstilah pesta gula digunakan karena berhubungan dengan hidangan yang disajikan pada saat lebaran, biasanya makanan yang dihidangkan berupa makanan yang manis manis. Selain istilah seker bayram, warga Turki juga memperkenalkan istilah Ramadanfest (pesta Ramadan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright Sadewa | | by 2DUA.COM.