Wed. Jul 8th, 2020

2DUA.COM

Berita Unik Aneh Mistis

Petaka Dari Ikan Buntal Beracun

9 min read
Petaka Dari Ikan Buntal Beracun

Petaka Dari Ikan Buntal Beracun

Bagikan Artikel :

Wugu adalah hidangan khas Jepang yang dibuat dari sejenis ikan buntal ( biasanya spesies Takifugu, Lagocephalus, atau Sphoeroides) atau ikan landak (dari genus Diodon). Karena ikan buntel beracun, hanya koki terlatih yang bisa mempersiapkan hidangan ini. Kandungan racun ikan buntal terdapat di hati, kelenjar gonad, dan kulit. Koki harus mempersiapkan hidangan ini sedemikian rupa agar sedikit racun tercampur ke dalam hidangan. Kandungan racun yang kecil ini memberi rasa nikmat di mulut dan membuat fugu sangat mahal, yaitu sekitar 10.500 yen. Hanya kalangan tertentulah yang mampu menikmatinya, yaitu mereka yang mempunyai uang sekaligus punya nyali besar menyantap nya.

Petaka Dari Ikan Buntal Beracun2
Petaka Dari Ikan Buntal Beracun2

Mitsugorb VIII adalah salah satu dari sekian orang yang memiliki kualifikasi sebagai penikmat fugu. Mitsugoro adalah seorang aktor kabuki yang sangat terkenal, bahkan ia dikenal sebagai living national treasure oleh pemerintah Jepang. Kabuki adalah seni teater tradisional khas Jepang. Aktor kabuki terkenal dengan kostum mewah dan tata rias wajah yang mencolok Bandé Mitsugoré lahir pada 1906. Sejak usia 7 tahun, ia sudah tampil sebagai aktor Kabuki. Aktivitas ini terus ia jalankan hingga wafatnya pada 1975. Penampilan nya di panggung Kabuki berhenti hanya gara gara pada suatu hari di tahun 1975, bersama teman-temannya ia menyambangi sebuah restoran di Kyoto. Di sana ia memesan empat hati ikan fugu atau menu yang dikenal dengan nama fugu kimo.

Petaka Dari Ikan Buntal Beracun4
Petaka Dari Ikan Buntal Beracun4

Ini merupakan permintaan yang konyol sebab bagian paling beracun dari jenis jenis ikan fugu adalah hati, telur, dan saluran pencernaannya. Memesan hati ikan fugu, apalagi sampai empat potong, tentu berisiko nyawa sebagai taruhan nya. Awalnya, permintaan ini diprotes oleh teman-temannya, termasuk oleh sang pelayan dan sang koki. Namun, Bando sesumbar bahwa racun itu tidak mempan untuk dirinya. Tubuhnya bisa menetralisir racun fugu dengan cepat. Karena itu, ia ingin mencicipi bagian paling lezat dari ikan fugu. la menjamin dirinya tidak akan mati hanya karena fugu kimo. Demi menghormati seorang seniman besar, sang koki mengabulkan permintaan nya. Dengan hati-hati, sang koki membelah ikan fugu demi mendapatkan potongan hati terbaik.

Petaka Dari Ikan Buntal Beracun3
Petaka Dari Ikan Buntal Beracun3

Makanan pun disajikan. Bando menikmatinya dengan rasa puas. Sementara semua orang yang menyaksikan nya berharap cemas. Usai makan, sambil bercanda Bando menunjukkan bahwa dirinya baik baik saja dan tetap hidup. Ia pun pulang ke rumah diiringi tatapan khawatir pelayan restoran. Bando mulai merasakan hal yang aneh pada tubuh nya dua jam kemudian. Kepalanya terasa pusing dan tubuhnya lemah. Dia muntah-muntah dan mulai kesulitan bernapas. Racun fugu kimo sepertinya mulai bereaksi. Hanya berselang tujuh jam sejak acara makan makan itu, Bandé Mitsugoré Vlll, seorang seniman Kabuki terhebat yang pernah dimiliki sepanjang sejarah, tewas dengan kondisi badan lumpuh dan kejang-kejang hebat.

Apa Kata Ahli :

lkan fugu mengandung racun yang bernama tetrodotoksin (TFX). lni adalah neurotoksin yang sangat kuat, menyerang membran saraf manusia, dan melemahkan sistem saraf secara perlahan dan bertahap. TTX lebih kuat 100 kali dibandingkan dengan potasium sianida. Dengan takaran 2 ml saja racun ini sudah bisa membunuh manusia dalam tempo 24 jam. Sampai saat ini, belum ditemukan penawarnya. Meski dimasak dan dipanaskan, racun yang ada dalam hati ikan fugu ini tidak akan hilang.

Menurut Fugu Research Institute, 50% korban keracunan karena memakan bagian hati; 43% karena memakan telur; dan 7% keracunan karena memakan kulitnya.


Sumber : Ensiklopedia Dunia
Ditulis ulang 2dua.com dan juga merupakan kisah nyata cerita rakyat dari berbagai negara di dunia

Copyright Sadewa | | by 2DUA.COM.