Sun. Apr 5th, 2020

2DUA.COM

Berita Unik Aneh Mistis

9 Kecelakaan Terdashyat Sepanjang Sejarah

10 min read
Titanic

Titanic

Bagikan Artikel :

Pertama adalah Kapal Laut Titanic(Merupakan kapal laut berpenumpang dengan kapasitas besar pada masa nya yg diklaim sebagai kapal laut yg sangat tendesius dengan muat angkut penumpang yg sangat besar pada waktu itu dengan biaya sangat besar waktu pembuatan nya), Siapa yang tak kenal dengan kecelakaan kapal Titanic. Karenanya, kecelakaan ini pun di filmkan. Titanic tenggelam pada tanggal 15 Juni 1912. Kecelakaan tersebut memakan sekitar 1500 korban jiwa ketika kapal menabrak gunung es dan akhirnya tenggelam. Pada saat pembuatan, kapal tersebut menghabiskan dana sekitar US$ 7 juta pada waktu itu.

Jembatan VS Truk Tanker
Jembatan VS Truk Tanker

2. Jembatan VS Truk Tanker
Tepat di jembatan Wiehltal Jerman, pada tanggal 26 Agustus 2004, sebuah mobil bertabrakan dengan sebuah truk bermuatan 32.000 liter bahan bakar. Akibat nya, truk menghantam pagar pembatas jembatan dan terjun bebas setinggi 90 kaki. Alhasil, jembatan rusak parah karena konstruksi jembatan terkena ledakan. Perbaikan jembatan ini memakan dana US$ 40 juta. Sedangkan, penggantian jembatan baru memakan dana sebesar US$318 juta.

Metrolink California
Metrolink California

3. Metrolink California
Dalam sejarah California, tepat tanggal 12 September 2008 merupakan kecelakaan kereta terburuk yang memakan korban 25 orang. Saat itu, kereta Metrolink bertabrakan dengan kereta Union Pacific Los Angeles. Penyebab utama kecelakaan dikarenakan Metrolink yang menerobos jalur salah (red signal). Kerugian material sekitar US$ 500 juta.

Bomber B 2
Bomber B 2

4. Bomber B 2
Setelah tinggal landas dari pangkalan militer udara di Guam pada 23 Februari 2008, pesawat pembom Tipe Stealth B 2 terjatuh. Penyelidikan menyebutkan bahwa terjadi gangguan data pada sistem komputer yang mengatur kendali kontrol terbang pesawat. Hal ini menyebabkan ’hidung’ pesawat bergerak naik secara tiba tiba dan membuat pesawat terjatuh. Namun, kedua pilot berhasil keluar dan selamat. Jumlah kerugian ditaksir US $1,4 miliar.

Exxon Valdez
Exxon Valdez

5. Exxon Valdez
Kapal tanker “Joseph Hazelwood” yang membawa minyak mentah sebanyak 10,8 juta galon, karam karena menabrak tumpukan karang Prince Willam Sound. Akibatnya, minyak mentah dari kapal tersebut tumpah ke laut. Untuk membersihkan laut dari minyak yang tumpah, Exxon (perusahaan pemilik kapal tersebut) harus mengeluarkan dana US$ 2,5 miliar.

Alpha Oil
Alpha Oil

6. Alpha Oil
Kecelakaan terbesar lainnya terjadi saat salah satu pengeboran minyak milik Alpha Oil yang setiap hari nya mampu mengebor dan mengeluarkan minyak 317.000, meledak pada 6 Juli 1988. Hal ini saat seorang petugas melakukan pengecekan dan penggantian sekitar 100 katup yang mampu mengeluarkan gas berefek ledakan. Saat itu, petugas melakukan kesalahan ketika mengganti katup dan rig sehingga menyebabkan ledakan dahsyat. Dalam waktu 2 jam, rig minyak sudah dipenuhi oleh api dan runtuh sehingga memakan korban sebanyak 167 pekerja. Kerugian yang dialami Alpha Oil ditaksir sebesar US$ 3,4 miliar.

Challenger crash
Challenger crash

7. Challenger
Setelah lepas landas pada 28 Januari 1986, pesawat luar angkasa milik NASA (Challenger) meledak selama 73 detik. Kegagalan pada saat pelepasan atau pemisahan peluncur lantaran terjadi kebocoran hidrogen cair pada pesawat. Hal ini kemudian, mejadi pemicu ledakan. Kerugian ditaksir mencapai USS 2 miliar.

Columbia crash
Columbia crash

8. Columbia
Pesawat luar angkasa milik NASA tersebut, meledak setelah memasuki atmosfer di atas wilayah Texas pada 1 November 2003. Pemicu ledakan ini adalah adanya lubang pada salah satu sayap pesawat setelah peluncuran 16 hari sebelum nya. Ditaksir, total kerugian sebesar US$ 13 miliar, termasuk biaya penyelidikan.

chernobyl disaster
chernobyl disaster

9. Chernobyl
Pada tahun 1986 terjadi kebocoran radioaktif di pembangkit listrik tenaga Nuklir, Ukraina. Akibat nya, sekitar 50 persen wilayah Ukraina tercemar. Kemudian, 200.000 jiwa pun diungsikan dan direlokasi. Sementara, 1,7 juta jiwa terjangkit penyakit dan 125.000 diduga mengidap kanker (meninggal beberapa tahun kemudian). Ditaksir, ada sekitar US$ 200 miliar dana yang digunakan untuk pembersihan, relokasi penduduk, dan ganti rugi untuk korban jiwa. Chernobyl adalah salah satu contoh pembangkit yang melanggar ketentuan dalam hal pembangunan PLTN dan tidak memperhatikan faktor keselamatan.

Copyright Sadewa | | by 2DUA.COM.