Sun. Apr 5th, 2020

2DUA.COM

Berita Unik Aneh Mistis

10 Tabrakan Terhebat Bumi Dgn Benda Luar Angkasa

9 min read
Chicxulub-Meksiko

Chicxulub-Meksiko

Bagikan Artikel :

Pertama adalah Chicxulub Meksiko, tabrakan yang terjadi sekitar 65 juta tahun lalu, disebabkan oleh komet atau asteroid seukuran sebuah kota kecil menghantam bumi. Hal ini mengakibatkan terjadi nya mega tsunami, gempa bumi, dan letusan gunung berapi di seluruh dunia. Asteroid tersebut setara dengan 100 tera tons dari TNT. Komet atau asteroid tersebut ditemukan di bawah Semenanjung Yucatan, Meksiko, dekat Desa Chicxulub (yang berarti ”ekor dari setan” di Ucu). Di sana, terlihat kawah kuno yang terkena dampak paling besar (diameter 107 km).

 

Manicouagan Kanada

Sekitar 212 juta tahun lalu, Manicouagan Reservoir (Danau Manicouagan) yang juga dikenal sebagai ”Mata dari Quebec” mengalami dampak dari tabrakan asteroid selebar 5 km yang menghantam bumi. Hal ini meninggalkan lubang raksasa dengan diameter 100 km.

 

Kara Kul Tajikistan

3. Kara Kul Tajikistan
Danau Kara Kul (Qarokul) berada di suatu ketinggian 13.000 kaki (3.900 m) di atas permukaan laut. Luas danau tersebut sekitar 16 mil (25 km). Posisi tepat nya ada di Pegunungan Pamir, Tajikistan, dekat perbatasan Cina. Danau yang sebenarnya terletak dalam 28 mil (45 km) ini terbentuk akibat tabrakan batu bintang lebih dari 5 juta tahun lalu. Namun, Kara kul ditemukan baru baru ini melalui citra satelit.

 

Clearwater Lakes Kanada

4. Clearwater Lakes Kanada
Sekitar 290 juta tahun lalu asteroid kembar menghantam bumi. Posisi tepatnya di dekat pantai Teluk Hudson, Kanada. Hal ini meninggalkan lubang berdiameter 32 km dari asteroid yang besar dan 22 km dari asteroid yang kecil.

 

Mistastin Lake Kanada

5. Mistastin Lake Kanada
Danau yang terletak di Labrador, Kanada. ini terbentuk dari tabrakan meteorit dengan bumi. Hasilnya, sebuah lubang berdiameter 28 km pun menganga di kulit bumi.

 

Gosses Bluff Australia

6. Gosses Bluff Australia
Sebuah komet dengan lebar 22 km, sekitar 142 juta tahun lalu menghantam daratan Australia. Kecepatan komet tersebut 40 km/detik. Ledakan yang ditimbulkan sama dengan ledakan 22.000 mega ton TNT. Akibat nya, ledakan tersebut meninggalkan jejak lubang berdiameter 24 km dengan kedalaman 5000 m.

 

Aorounga Impact Crater Chad

7. Aorounga Impact Crater Chad
Aorounga merupakan kawasan ketika sebuah meteorit sebesar 1 mil (1,6 km) menabrak bumi 2 – 300juta tahun lalu. Posisi tempat tersebut terdapat di sebuah daerah di Gurun Sahara (sebelah utara Chad, Afrika). Diperkirakan, tabrakan dapat terjadi setiap 1 juta tahun sekali.

 

Deep Bay Kanada

8. Deep Bay Kanada
Tempat tersebut terletak di barat daya sebuah danau di wilayah Saskatchewan, Kanada. Lebar lubang tersebut 13 km dan kedalamannya 220 m. Lubang besar tersebut terbentuk sekitar 100 juta tahun lalu. Dilihat dari strukturnya, tentu tabrakannya maha dahsyat.

 

Bosumtwi Ghana

9. Bosumtwi Ghana
Bosumtwi terletak di 30 km sebelah tenggara Kota Kumasi, Ghana, Wilayah ini terkenal dengan danau alam. Padahal, danau tersebut terbentuk akibat tabrakan meteor 1,3 juta tahun yang lalu. Diameter lubang sekitar 10,6 km dengan kedalaman 45 m. Lalu, karena hujan yang terus menerus, lubang besar tersebut akhirnya menjadi danau. Danau tersebut dipercaya oleh penduduk setempat sebagai tempat jiwa yang mati menghadap kepada tuhan nya Twi.

 

10. Kawah Barringer Arizona Amerika Serikat
Sebuah batu bintang berukuran 150 kaki dan berat 300.000 ton menabrak bumi pada 49.000 tahun lalu. Batu tersebut mengandung nikel dan besi dengan kecepatan 40.000 mil/jam. Akibat dari tabrakan meteor tersebut dapat dilihat 55 km sebelah timur Flasgaff, Arizon, AS. Kawah Barringer merupakan kawah terbaik yang awet hingga kini. Kekuatan ledakan yang membentuk kawah tersebut diperkirakan sama dengan ledakan TNT seberat 20 juta ton. Penemu kawah berdiameter 148 kaki (45 m) dengan kedalaman 175 m tersebut adalah Daniel Barringer pada tahun 1902. Namun, sampai dengan hari ini, kawah tersebut masih milik keluarga Barringer. Kawah tersebut dikenal dengan nama Meteor Crater, Coon Butte, dan Canyon Diablo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright Sadewa | | by 2DUA.COM.