Fri. Aug 7th, 2020

2DUA.COM

Berita Unik Aneh Mistis

7 Negara Tertua Di Dunia

19 min read
san marino

san marino

Bagikan Artikel :

Pertama adalah San Marino (Berdiri Tahun 31 M) Negara tertua pertama adalah Republik San Marino. Negara ini merupakan negara terkecil kelima didunia saat ini dan dikelilingi oleh ltalia. Tepatnya ada disebelah utara berbatasan dengan Propinsi Rimini, daerah Emilia Romagna di sebelah selatan Provinsi Pesaro dan Urbino daerah Marche. San Marino adalah negara republik tradisional tertua di dunia. la dibentuk pada tgl 3 September 301 oleh Santo marinus dari Rab, seorang tukang batu kristiani yang kabur pada saat persekusi agama oleh Kaisar Romawi Diocletian. Konstitusi San Marino yang diberlakukan pada 1600 adalah konstitusi tertua didunia yang masih berlaku sekarang.

2. Prancis (Berdiri Tahun 486 M)

perancis
perancis

Republik Prancis merupakan sebuah negara yang teritori metropolitan yg terletak di Eropa Barat dan juga memiliki  berbagai pulau dan teritori seberang laut yang terletak di benua lain. Prancis Metropolitan memanjang dari Laut Mediterania hingga Selat Inggris dan Laut Utara, serta dari Rhine ke Samudra Atlantik. Orang Prancis sering menyebut Prancis Metropolitan sebagai “L’Hexagone” (“Heksagon”) karena bentuk geometris teritorinya. Prancis adalah sebuah republik kesatuan semi presidensial. Ideologi utamanya tercantum dalam Deklarasi Hak Asasi Manusia dan Warga Negara. Negara tersebut berbatasan dengan Belgia, Luxemburg, Jerman, Swiss, ltalia, Monako,Andorra, dan Spanyol. Karena memiliki departemen seberang laut, Prancis juga berbagi perbatasan tanah dengan Brasil dan Suriname (berbatasan dengan Guyana Prancis), serta Antillen Belanda (berbatasan dengan Saint Martin). Selain itu, Prancis juga terhubung dengan Britania Raya oleh Terowongan Channel yang berada di bawah Selat lnggris. Prancis telah menjadi salah satu kekuatan terbesar dunia sejak pertengahan abad ke-17. Pada abad ke 18 dan 19, Prancis membuat salah satu imperium kolonial terbesar saat itu. lmperium tersebut membentang sepanjang Afrika Barat dan Asia Tenggara, mempengaruhi budaya dan politik daerah setempat.

Saat ini, Prancis merupakan negara maju dengan ekonomi terbesar keenam (PDB nominal) atau kedelapan (PPP) terbesar di dunia. Prancis juga merupakan negara yang paling banyak dikunjungi di dunia. Setiap tahunnya, menerima 82 juta turis asing (termasuk pelancong bisnis, tapi tidak termasuk orang yang menetap kurang dari 24 jam di Prancis). Perlu diketahui pula bahwa Prancis adalah salah satu negara pendiri Uni Eropa dan memiliki wilayah terbesar dari semua anggota. Prancis juga negara pendiri Perserikatan Bangsa Bangsa, dan anggota Francophonie, G8, NATO, dan Uni Latin. Merupakan salah satu lima anggota permanen Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa, juga kekuatan nuklir yang besar dengan 360 hulu ledak aktif, serta 59 pembangkit listrik tenaga nuklir.

3. Bulgaria (Berdiri Tahun 632 M)

bulgaria
bulgaria

Negara tertua ketiga adalah Bulgaria. Negara tersebut merupakan sebuah negara di kawasan Balkan, Eropa bagian tenggara. Bulgaria yang berdiri pada 632 M ini berbatasan dengan Laut Hitam di sebelah timur, Yunani dan Turki di bagian selatan,Serbia dan Republik Makedonia di bagian barat, serta Romania (di sepanjang Sungai
Donau) di bagian utara.

4. Denmark (Berdiri Tahun 950 M)

denmark
denmark

Kerajaan Denmark (bahasa Denmark : KKongeriget Danmark) adalah negara Nordik paling kecil dan terletak paling selatan. Negara tersebut terletak di Skandinavia, Eropa Utara sehingga termasuk Uni Eropa. Namun, tidak berada di Semenanjung Skandinavia. Negara tersebut adalah sebuah monarki konstitusional. Denmark dibatasi Laut Baltik dan Laut Utara. Wilayahnya terdiri atas sebuah tanjung di Jerman utara bernama Jylland (Jutlandia), Kepulauan Fyn (Funen), Sjaelland (Zealand), Bornholm, dan berbagai kepulauan lagi sehingga kadang disebut Kepulauan Denmark. Satu satunya batas darat Denmark adalah dengan Jerman. Sedangkan, tetangganya yang dibatasi oleh laut adalah Swedia di bagian timur laut dan Norwegia di utara. Adapun Greenland dan Kepulauan Faroe adalah wilayah kerajaan Denmark dengan kekuasaan politiknya sendiri.

5. Portugal (Berdiri Tahun 1143)

portugal
portugal

Selanjutnya adalah Republik Portugal. Negara tersebut berada di Eropa bagian barat daya. Berbatasan dengan Spanyol di sebelah utara dan timur. Disebelah barat berbatasan dengan Samudra Atlantik. Selain itu, Portugal juga mempunyai daerah di Madeira, Azores dan Kepulauan Selvagens. Portugal mengklaim sebuah daerah kecil bernama Olivenca yang dikuasai Spanyol sejak Kongres Wina. Nama lama atau latin dari ini adalah Lusitania.
Kata Portugis sering dipakai untuk menyebutkan penduduk atau orang yang berasal dari Portugal. Kata ini juga sebutan untuk bahasa yang dipakai oleh bangsa ini. Negara-negara berbahasa Portugis sering disebut sebagai negara Lusophone.

 

6. Andorra (Berdiri Tahun 1218 M)

andora
andora

Selanjutnya adalah Andorra. Adalah sebuah kepangeranan kecil yang terletak di Eropa bagian barat daya. Tepatnya, di timur bantaran Sungai Pirenea dan berbatasan dengan Prancis dan Spanyol. Negara yang kecil namun mewah ini terkenal dengan sektor pariwisata dan status bebas cukai. Andorra merupakan sebagian dari negara negara Katalan.

7. Switzerland atau Swiss (Berdiri Tahun 1291 M)

swiss
swiss

Negara tertua ke 7 adalah Konfederasi Swiss (Schweiz, Suisse, Svizzera,Svizra) atau dalam bahasa Latin Confoederatio Helvetica, yakni sebuah negara federal berisi 26 kanton (pembagian wilayah). Negara tersebut berada di Eropa Tengah yang berbatasan dengan Jerman,Prancis, ltalia, Liechtenstein, dan Austria. Swiss adalah negara yang sebagian besar wilayahnya terdiri atas Pegunungan Alpen. Swiss dikenal sebagai negara netral,namun tetap memiliki kerjasama internasional yang kuat. Swiss terbagi atas 26 kanton, enam di antaranya kadang kadang dianggap sebagai “separuh kanton”. Sebab, berawal dari pemisahan tiga kanton dan dampaknya hanya ada satu wakil dalam Dewan Negara. Ibukota negaranya adalah Bern. Kota kota penting lainnya adalah Zurich, kota terbesar di Swiss (yang dinobatkan sebagai kota yang memiliki kualitas hidup terbaik di dunia pada 2006 dan 2007). Selain itu, ada Kota Jenewa yang menjadi lokasi berbagai badan internasional seperti PBB, WHO, ILO, dan UNHCR.

Swiss kaya dengan sejarah sebagai sebuah negara yang netral tanpa memandang masa perang atau damai (dan tidak pernah terlibat dalam perang terhadap pemerintahan asing sejak 1815). Oleh karena itu, Swiss dijadikan tuan rumah berbagai organisasi internasional seperti PBB. Sebab, sekalipun markas besarnya ada di New York City, PBB banyak mendirikan kantor di Swiss. Karena Swiss berbatasan dengan Jerman, Prancis, ltalia, Austria, dan kerajaan kecil Liechtenstein, bahasa yang digunakan oleh masyarakatnya menjadi beragam. Masyarakat Swiss menuturkan banyak bahasa dan terdapat empat bahasa resmi, yaitu bahasa Jerman, Prancis,ltalia, dan bahasa Romansh yang kurang populer.

Confoederatio Helvetica adalah nama Swiss dalam bahasa Latin, yang berarti Konfederasi Helvetika. Kata ini dipilih untuk menghindari pemilihan salah satu dari keempat bahasa resmi Swiss (bahasa Jerman, Prancis, ltalia, dan Romansh). Dari 26 kanton yang ada di Swiss, 17 berbahasa Swiss Jerman, 4 Swiss Romande atau Prancis, 1 Italia, 3 bilingual (dua bahasa) Jerman Prancis, dan 1 trilingual (tiga bahasa). Sebutan sebutan yang sering dipakai untuk menyebut Swiss dalam bahasa Prancis adalah Confédération Suisse. Lalu, dalam bahasa Italia disebut Confederazione Svizzera dan dalam bahasa Romansh disebut Confederaziun Svizra (diterjemahkan sebagai ”Konfederasi Swiss”). Schweizerische Eidgenossen schaft merupakan istilah bahasa Jerman nya yang terdapat pada dokumen resmi.

Nama Latinnya “Confoederatio Helvetica” (Konfederasi Helvetica). Untuk internet dan plat mobil berkaitan dengan Helvetii, suku Keltik kuno yang pernah menduduki Pegunungan Alpen. Swiss menandai 1 Agustus 1291 sebagai hari kemerdekaannya, yakni mengikut sejarah negara ini yang awalnya merupakan suatu negara gabungan, kemudian menjadi persekutuan sejak 1848. Lalu, 1 Agustus dijadikan cuti umum sehingga bank, kantor pos, dan kantor administrasi umum ditutup.

Sistem pemerintahannya sangat bagus, benar benar mencerminkan dan menyerap keanekaragaman penduduknya. Sebagai negara federal, demokrasinya  bersifat “langsung”, tapi diwakili oleh Majelis Federal. Parlemen ini memilih tujuh orang untuk menjadi “pemerintah”. Ketujuhnya berstatus menteri, mengepalai departemen. Lalu, salah satunya menjadi presiden selama satu tahun secara bergiliran. Presiden digilir setiap tahun.

Sumber Wiki

Copyright Sadewa | | by 2DUA.COM.