Mon. Jul 6th, 2020

2DUA.COM

Berita Unik Aneh Mistis

10 Negara Terkaya Di Dunia

15 min read
qatar

qatar

Bagikan Artikel :

Pertama adalah Qatar negara terkaya di dunia. PDB per kapitanya sebesar US$90.149 atau Rp811juta per tahun pada 2010. Qatar merupakan salah satu negara kaya minyak dan gas di kawasan Timur Tengah. Bahkan, negara ini merupakan eksportir gas terbesar di dunia. Total luas wilayah 11.586 km dengan jumlah penduduk hanya 1,15 juta jiwa pada 2009. Perekonomian Qatar mengandalkan pada industri yang bertumpu di minyak dan gas. Uniknya, Qatar merupakan satu satunya wakil dari wilayah Arab yang berada di jajaran 10 negara terkaya dunia. Total cadangan devisanya US$19,8 miliar pada November 2009. Sementara, produk domestik bruto (PDB) US$52,7 miliar pada 2008.

2. Luxemburg

luxemburg
luxemburg

Posisi selanjutnya adalah Luxemburg dengan PDB per kapita US$79.411 atau Rp715 juta per tahun. Luxemburg merupakan negara kecil di dunia dengan luas hanya 2.500 km persegi. Jumlah penduduknya juga sangat sedikit, hanya 490ribu orang pada 2006. Luxemburg dikenal sebagai salah satu negara yang mengandalkan perekonomian dari pusat jasa dan layanan finansial. Dimana, banyak orang kaya dunia yang menyimpan uangnya di sana. Lebih dari 86 persen PDB Luxemburg senilai US$54 miliar bersumber dari industri jasa. walau
pun begitu, di Luxemburg juga dikenal sejumlah industri top dunia, seperti Arcelor Mittal (baja), RTL Group (media), Evras Group (material), dan Tenaris (migas).

3. Norwegia

norwegian
norwegian

Norwegia menduduki posisi ketiga sebagai negara terkaya dunia dengan PDB per kapita sebesar US$S2.964 atau Rp477 juta per tahun. Negara yang terletak di bagian utara Benua Eropa tersebut jumlah penduduknya sangat sedikit, yakni hanya 4,7 juta jiwa dengan luas wilayah 323 ribu km persegi. Selain itu, Norwegia merupakan negara eksportir minyak dan produk turunannya. negara ini juga terkenal sebagai produsen mesin dan peralatan, logam, kimia, serta kapal. Kemudian, hasil perikanannya melimpah. PDB Norwegia mencapai US$449 miliar pada 2008 dan mengandalkan pada industri dan jasa . Di samping itu, terdapat sejumlah perusahaan besar yang berasal dari Norwegia , seperti Statoil (minyak dan gas), Telenor (telekomunikasi), Yara International (kimia), dan Orkla (makanan dan minuman).

4. Singapura

singapore
singapore

Selanjutnya adalah Singapura dengan PDB per kapita sebesar US$ 52,840 atau Rp475 juta per tahun. Singapura terletak di kawasan Asia Tenggara merupakan negara kecil. Luasnya hampir sama  dengan Jakarta karena hanya 699 km. Sedangkan, luas Jakarta 661 km. Mespkipun begitu, jumlah penduduk Singapura hanya 4,75 juta jiwa, jauh lebih sedikit dari penduduk Jakarta yang mencapai 8.525.243 pada 2011. Total cadangan devisa Singapura adalah US$187 miliar pada akhir Desember 2009. Sedangkan, total produk domestik bruto sebesar US$181 Miliar pada akhir 2008. Pendapatan negara kecil ini mengandalkan pada jasa dan layanan finansial di Asia. Banyak orang kaya Asia, termasuk Orang kaya Indonesia  yang menyimpan dananya di Negara ini.

5. Brunei Darussalam

Brunei Darussalam
Brunei Darussalam

Posisi kelima ditempati oleh Brunei Darussalam. Luas wilayahnya hanya 5.765 km dengan jumlah penduduk 400 ribu orang. Total PDB per kapita penduduk Brunei adalah US$48,7 juta atau Rp438 juta per tahun. Total PDB sebesar US$11,5 miliar ditopang dari industri minyak dan gas. Negeri kerajaan yang dipimpin Sultan Hassanal Bolkiah (salah satu orang terkaya di dunia), merupakan negara yang memiliki kekayaan minyak melimpah.

 

6. Amerika Serikat

US
US

Amerika Serikat menempati urutan keenam sebagai negara paling kaya dunia. Negara tersebut dikenal sebagai negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia. Total PDB US$14 triliun. Belum ada satu negara pun yang menandingi keperkasaan ekonomi AS. Ratusan perusahaan dari AS juga masuk dalam jajaran top perusahaan multinasional dunia, di antaranya Google, Yahoo, Facebook, Microsoft, Exxon, Cevron, Wal Mart, Citi Group, JP Morgan Chase, dan lainnya. Dengan ratusan perusahaan kelas dunia ini, tentu penduduk Amerika rata rata masuk deretan warga paling makmur dunia sekalipun memiliki populasi 308 juta jiwa. Total PDB per kapita AS adalah US$47,7 ribu atau Rp429 juta per tahun.

 

7. Hongkong

hongkong
hongkong

Hongkong merupakan salah satu wakil dari Benua Asia, selain Singapura dan Brunei. Total PDB per kapitanya adalah US$44,8 ribu atau Rp403 juta per tahun. Dengan total PDB sebesar US$215 miliar. Perekonomian Hongkong (92 persen) sangat mengandalkan pada industri jasa dan layanan, khususnya finansial. Total cadangan devisanya mencapai US$255 miliar pada Desember 2009. Sejumlah perusahaan kakap asal Hongkong adalah Hutchison Whampoa, Jardine Matheson, Cina Mobile, dan Cnooc. Luas wilayah Hongkong adalah 1.104 km. Negara ini memiliki populasi sebanyak 7,1 juta jiwa.

8. Swiss

swiss
swiss

Swiss menempati posisi kedelapan sebagai negara terkaya dunia dengan PDB per kapita US$43,9 ribu atau Rp395 juta per tahun. Luas wilayah negara yang ada di Eropa ini 41 ribu km dengan jumIah penduduk 7,3 juta jiwa. Perekonomian Swiss bergantung pada sektor jasa finansial dan industri dengan total PDB sebesar US$488 miliar pada 2008. Swiss juga dikenal sebagai negara tempat orang orang kaya dunia menyimpan hartanya. Di samping itu, sejumlah perusahaan ternama di dunia juga banyak yang berasal Swiss, seperti Nestle,Credit Suisse Group, Zurich Financial Services, dan Roche Holding.

 

9. Belanda

belanda
belanda

Belanda menempati posisi kesembilan sebagai negara terkaya dunia dengan PDB per kapita sebesar US$40,6 ribu atau Rp365 juta per tahun. Luas wilayahnya mencapai 41 ribu km dengan penduduk 16,8 juta jiwa pada 2009. Perekonomian Belanda juga bergantung pada sektor jasa dan industri dengan total PDB sebesar US$860 miliar pada 2008. Sejumlah perusahaan top asal Belanda yang mendunia adalah Royal Dutch, Shell, Unilever, ING Group, dan Royal Philips Electronics.

 

10. Australia

australian
australian

Posisi kesepuluh ditempati oleh Australia. Total PDB per kapitanya US$39,4 ribu atau Rp354 juta per tahun. Sedangkan, total PDB negara tersebut US$1.015 triliun. Total Iuas wilayah Australia mencapai 7,6 juta km dengan jumlah penduduk 21,5 juta jiwa. Perekonomian Australia bergantung pada sektor jasa dan industri. Selain itu, sejumlah perusahaan besar dunia juga  berasal dari Australia, seperti ANZ Bank, Rio Tinto, dan Telstra.

 

Sumber Wikipedia

Copyright Sadewa | | by 2DUA.COM.