Mon. Jul 6th, 2020

2DUA.COM

Berita Unik Aneh Mistis

Kumpulan Ucapan Hari Raya Waisak

6 min read
waisak

waisak

Bagikan Artikel :

Hari Raya Waisak atau Waisaka (Pali; Sanskrit: Vaiśākha वैशाख) merupakan hari suci agama Buddha. Hari Waisak juga dikenal dengan nama Visakah Puja atau Buddha Purnima di India, Saga Dawa di Tibet, Vesak di Malaysia, dan Singapura, Visakha Bucha di Thailand, dan Vesak di Sri Lanka. Nama ini diambil dari bahasa Pali “Wesakha”, yang pada gilirannya juga terkait dengan “Waishakha” dari bahasa Sansekerta.

Dirayakan dalam bulan Mei pada waktu terang bulan (purnama sidhi) untuk memperingati 3 (tiga) peristiwa penting, yaitu sebagai berikut :

  1. Lahirnya Pangeran Siddharta di Taman Lumbini pada tahun 623 S.M.
  2. Pangeran Siddharta mencapai Penerangan Agung dan menjadi Buddha di Buddha Gaya (Bodhgaya) pada usia 35 tahun pada tahun 588 SM.
  3. Buddha Gautama parinibbana (wafat) di Kusinara pada usia 80 tahun pada tahun 543 SM.

Tiga peristiwa ini dinamakan “Trisuci Waisak”. Keputusan merayakan Trisuci ini dinyatakan dalam Konferensi Persaudaraan Buddhis Sedunia (World Fellowship of Buddhists – WFB) yang pertama di Sri Lanka pada tahun 1950. Perayaan ini dilakukan pada purnama pertama di bulan Mei. Waisak sendiri adalah nama salah satu bulan dalam penanggalan India Kuno.

Dibawah merupakan kumpulan ucapan Hari Raya Waisak  :

Kumpulan Ucapan Hari Raya Waisak
Dengan pancaran kasih sayang, marilah merangkai perbedaan menjadi sebuah keindahan.
Ketidak kekalan merupakan ciri segala sesuatu di alam semesta. Bumi dan semesta ini sangat rentan dan rapuh, mudah mengalami kehancuran.
Mengingatkan kita pada hukum ketidak kekalan. Setiap perubahan dan pergeseran lempeng bumi, banjir, dan gempa bumi akan selalu mengancam mereka yang tidak siap menghadapi lingkaran samsara.
Ribuan lilin dapat di nyalakan dari lilin yang satu dan cahayanya tak cepat padam. Bahagia tak berkurang karena dibagi.
Tekad untuk merubah diri menuju kearah yang jauh lebih baik lagi. Lautan kasih mampu membawa kita pada lautan kebahagiaan, Lautan dharma yang luas ini tidak akan pernah habis dipelajari, dan setiap manusia harus bertekad untuk terus belajar untuk menghadapi segala permasalahan yang muncul dalam mengarungi samudera kehidupan ini.
Berikan lah cinta kasih pada semua mahkluk yang membutuhkan. Ulurkanlah tangan mu tanpa batas. Jangan mementingkan diri sendiri. Ajaklah setiap orang berlayar dalam LAUTAN DARMA SANG BUDDHA.
SELAMAT HARI RAYA TRI SUCI WAISAK. Semoga kita semua selalu dilindungi oleh Sang Triratna. Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta. Semoga semua makhluk bahagia.

Sumber Wikipedia

Copyright Sadewa | | by 2DUA.COM.