Tue. Sep 22nd, 2020

2DUA.COM

Berita Unik Aneh Mistis

Bahaya Steroid

8 min read
bahaya steroid

bahaya steroid

Dulu, Steve adalah seorang atlet cabang lompat jauh. Ia sudah menekuni bidang ini selama bertahun tahun. Karena kurang berprestasi, Steve pun akhirnya mengundurkan diri dari dunianya ini. Namun, Steve tetap ingin menjadi seorang atlet karena dia memang sangat suka olahraga. Atas anjuran seorang teman, Steve pun beralih profesi menjadi binaragawan. Sebagai atlet lompat jauh, Steve memiliki tubuh yang kurang berisi untuk seorang binaragawan. Steve pun memutar otak. Karena pembentukan tubuh memerlukan waktu yang lama, dia sadar di saat tubuhnya sudah terbentuk nanti, usianya sudah tidak muda lagi. Steve harus menemukan cara yang lebih cepat dan instan.

bahaya steroid2
bahaya steroid2

Saat itulah terlintas dalam pikirannya untuk menggunakan steroid. Meskipun penggunaan steroid dilarang oleh International Olympic Committee (IOC), tidak sedikit atlet yang tetap menggunakannya demi hasil instan. Steve pun memutuskan bahwa ini adalah cara yang paling cepat dan solusi bagi masalahnya. Demi mendapatkan bentuk tubuh yang sempurna dalam waktu singkat,
sang binaragawan memakai anabolic steroids (ASS) dan human growth hormones secara bersamaan. Dalam waktu singkat, Steve sudah melihat perbedaannya. Dia pun semakin terpacu untuk mengonsumsi keduanya secara berlebihan.

bahaya steroid3
bahaya steroid3

Suatu hari, saat sedang berada di gym untuk melatih otot ototnya, Steve terkena serangan jantung dan meninggal. Hasil autopsi menyebutkan Steve tewas akibat penggunaan steroid secara berlebihan.

Apa Kata Ahli :

Pada praktiknya di masyarakat, penggunaan steroid banyak disalah gunakan, baik oleh olahragawan maupun bukan. Dalam dunia olahraga, steroid digunakan untuk menambah kekuatan dan menambah massa otot, atau juga untuk mencegah agar tidak cepat lelah dan mempercepat masa pemulihan. Dengan bantuan steroid, para atlet bisa berlatih lebih berat dan lebih lama.

Anabolic steroid yang sering disingkat dengan steroid adalah bahan sintetik dari hormon testosteron. Ini biasanya dipakai oleh dokter untuk terapi pengganti pada penyakit-penyakit tertentu di mana produksi testosteron dalam tubuh kurang atau terjadi ketidak seimbangan hormonal pada tubuh manusia. Human Growth Hormone (HGH) adalah hormon yang dihasilkan oleh kelenjar pituitary di otak, yang saat ini juga sudah dibuat sintetiknya.

HGH sintetik ini juga mempunyai efek samping yang berbahaya. Berbeda dengan anabolik steroid, HGH sulit dideteksi dengan tes urine. HGH terutama meningkatkan besar tulang, bukan memperbesar otot. Risiko penggunaan HGH adalah terjadinya gigantisme (irreversible acromegaly) dan kelainan pertumbuhan tulang (growth deformities). HGH sering digunakan bersama dengan steroid dengan maksud memperbesar otot sekaligus memperkuat dan memperbesar tulang. Namun, di sinilah timbul masalah yang lebih serius oleh karena efek samping yang ditimbulkan akan lebih berat. Hasil diagnosis yang terjadi pada Steve adalah terjadinya pelemahan fungsi otot jantung yang mengakibatkan jantungnya tidak lagi bisa memompa oksigen dengan benar. lni terjadi akibat penggunaan steroid dalam jumlah besar dan waktu yang lama.


Sumber : Ensiklopedia Dunia
Ditulis ulang 2dua.com dan juga merupakan kisah nyata cerita rakyat dari berbagai negara di dunia.

Copyright Sadewa | Newsphere by AF themes.