November 27, 2020

2DUA.COM

Berita Unik Aneh Mistis

Bahaya Menggunakan Ponsel Ketika Berkendaraan

7 min read
Bahaya Menggunakan Ponsel Ketika Berkendaraan

Bahaya Menggunakan Ponsel Ketika Berkendaraan

Tidak sedikit dari kita yang menyepelekan hal ini, menganggap tidak ada salah nya, hanya sekadar membaca SMS, membalas SMS, menelepon, atau mengutak atik ponsel. Namun, bila kita berkaca dari peristiwa yang menimpa seorang polisi wanita asal lnggris berikut ini, pastilah pendapat kita akan berubah. Adalah Tracy Wale, gadis berusia 22 tahun yang baru saja lulus dari Jurusan Kriminologi Universitas Northampton dan berkarier sebagai polisi wanita junior di Northamptonshire. Tracy yang bertugas sebagai polisi ini seharusnya tahu prosedur ketika berkendara. Namun, ia melalaikannya sehingga menyebabkan dirinya mengalami peristiwa tabrakan dengan dua mobil di sektor A 508, Northamptonshire, pada April lalu hingga merenggut nyawanya.
Hari nahas itu bertepatan dengan kepindahan Tracy ke sebuah apartemen. Tracy senang pada pekerjaan dan tempat tinggal barunya.

Bahaya Menggunakan Ponsel Ketika Berkendaraan2
Bahaya Menggunakan Ponsel Ketika Berkendaraan2

Di perjalanan, tiba tiba tabrakan terjadi. Tracy lengah. Mobil yang ditumpangi Tracy beradu dengan sebuah mobil VW Golf dan berlanjut dengan sebuah AUDI A6. Tabrakan itu begitu keras hingga Tracy tewas secara mengenaskan di tempat kejadian. Apa yang membuat peristiwa itu terjadi? Kenapa Tracy bisa lengah? Ternyata, saat itu pun Tracy sedang sibuk ber SMS ria. Hal ini baru diketahui karena ponsel Tracy di tempat kejadian sedang berada dalam mode text (tengah menginput teks SMS). Bisa jadi karena SMS inilah si polwan muda tak lagi berkonsentrasi hingga tak bisa mengendalikan mobil nya dengan baik “Don’t text and drive”adalah kalimat bijak yang tertera pada kemasan ponsel yang diperuntukkan untuk keselamatan pengguna selama berada di jalan. Jadi, sudah seharusnya kita patuhi.

Apa Kata Ahli :

Jangan menggunakan ponsel untuk berbicara saat mengemudikan kendaraan apalagi mengetik dan mengirim SMS. Hal ini sangat berbahaya. Pada saat Anda berbicara melalui ponsel, Anda sama lengah nya dengan seorang pemabuk. Ketika Anda mengetik SMS. tingkat kewaspadaan Anda akan jauh berkurang. Banyak negara yang telah menerapkan larangan menggunakan ponsel ketika sedang membawa kendaraan. Di Indonesia sendiri sudah ada peraturan terhadap pengguna ponsel ketika sedang berkendara, yaitu dalam Undang-Undang Lalu Lintas, yaitu UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas. Di dalamnya terdapat Pasal 106 Ayat 1 yang menyebutkan bahwa “Setiap pengendara wajib menjalankan kendaraannya dengan konsentrasi”. Dijelaskan dalam undang-undang tersebut bahwa, pengemudi yang mengendarai kendaraan bermotor di jaian secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan, yang mengakibatkan gangguan konsentrasi mengemudi, dikenakan sanksi denda maksimal Rp750.000 atau kurungan paling lama 3 bulan. Penggunaan ponsel bisa mengganggu konsentrasi dan menjadi faktor penyebab kecelakaan lalu lintas.


Sumber : Ensiklopedia Dunia
Ditulis ulang 2dua.com dan juga merupakan kisah nyata cerita rakyat dari berbagai negara di dunia

Copyright Sadewa | Newsphere by AF themes.