Wed. Sep 30th, 2020

2DUA.COM

Berita Unik Aneh Mistis

Bahaya Dari Diving

11 min read
Bahaya Dari Diving

Bahaya Dari Diving

Adam, Rooney, dan Jim adalah tiga orang sahabat yang sama sama menyukai diving (menyelam). Mereka juga mempunyai izin menerbangkan pesawat. Dengan dua hobi yang sama ini, tidak aneh jika mereka sering menghabiskan waktu bersama melakukan kegiatan-kegiatan favorit mereka itu. Suatu hari, mereka bertiga berencana berlibur ke sebuah pulau. Mereka menyewa pesawat dan menerbangkannya sendiri. Pulau ini memiliki taman bawah laut yang luar biasa indah. Sebagai diver, mereka tentu saja ini hal ini tidak akan melewatkan nya begitu saja. Hari pertama mereka habiskan untuk menyelam. Banyak sekali hal menarik yang menakjubkan di bawah sana. Dirasa tak cukup, mereka pun berencana untuk menambah hari untuk menjelajahi surga bawah laut itu. Mereka akan melanjutkan nya kembali besok sebelum terbang pulang.

Bahaya Dari Diving2
Bahaya Dari Diving2

Hari kedua dimulai lebih pagi supaya mereka bisa menjelajah laut dengan lebih Ieluasa. Ketika saatnya selesai, mereka pun naik ke atas dengan perlahan. Tepat di kedalaman lima meter, mereka berhenti sejenak untuk mengeluarkan gas nitrogen yang terkumpul di dalam tubuh ketika mereka menyelam di kedalaman tadi. Pada ketinggian lima meter inilah gas nitrogen lebih mudah dikeluarkan. Setelah itu, mereka keluar dan berkemas untuk pulang. Pesawat pun disiapkan untuk membawa mereka pulang. Sesaat setelah pesawat lepas landas, sesuatu yang aneh menimpa mereka.

Bahaya Dari Diving3
Bahaya Dari Diving3

Ketika itu, Jim dan Rooney yang mengemudikan pesawat, sementara Adam duduk di bangku belakang. Tiba tiba saja Jim dan Rooney merasa badan mereka kaku tidak bisa digerakkan. Mereka pun tak bisa bicara. Adam juga mengalami hal yang sama. Jim dan Rooney hanya bisa menggerakkan bola mata mereka. Tak ada yang tahu apa yang sedang menimpa mereka. Yang mereka tahu saat itu adalah ada bahaya yang menunggu di depan mereka. Sebuah bukit berdiri tegak di jalur terbang mereka saat itu. Antara pasrah, panik, dan ketakutan, ketiga sahabat itu menjadi saksi atas kecelakaan yang menimpa mereka. Pesawat kecil itu menabrak bukit hingga hancur dan merenggut nyawa ketiganya.

Apa Kata Ahli :

Jim, Rooney, dan Adam adalah tiga orang pilot andal. Mereka pernah berhasil mengalahkan cuaca buruk, bahkan keluar dari situasi darurat saat mesin pesawat mereka mengalami kerusakan. Namun sayang, mereka dikalahkan oleh kelalaian mereka sendiri, yaitu mereka melupakan sebuah aturan baku bahwa tidak boleh menyelam dan terbang pada hari yang sama. Hal ini juga berlaku untuk pendaki gunung atau berada di ketinggian gunung setelah menyelam.

Sebelum 24 jam setelah penyelaman, penyelam dilarang keras bepergian dengan menggunakan pesawat terbang. Sebab, nitrogen belum dinetralkan tubuh secara sempurna. Hal itu akibat perbedaan tekanan udara di permukaan laut dan di ketinggian jelajah pesawat terbang. Bila nekat, rawan terjadi dekompresi. Penyakit dekompresi atau decompression sickness adalah suatu keadaan yang paling harus dihindari oleh setiap diver. Secara sederhana, dekompresi didefinisikan sebagai suatu keadaan medis di mana akumulasi nitrogen yang terlarut setelah menyelam membentuk geiembung udara yang menyumbat aliran darah serta sistem saraf.

Akibat kondisi tersebut, timbul gejala yang mirip sekali dengan stroke, di mana akan timbul gejala gejala seperti mati rasa (numbness), kelumpuhan (paralysis). bahkan kehilangan kesadaran yang bisa menyebabkan meninggal dunia. Saat menyelam, akibat terjadinya peningkatan tekanan, kita akan menghirup udara yang lebih banyak daripada biasanya. Saat menyelam, semua diver menggunakan tabung. Tabung tersebut berisi nitrogen 79 persen dan oksigen 21 persen. ltu sudah sesuai dengan kadar udara yang kita hirup tiap hari selama di darat. Semakin dalam menyelam, oksigen yang dibawa pun akan cepat habis, sedangkan nitrogen nya mengumpul di dalam tubuh. Peningkatan oksigen yang dihirup akan berdampak positif bagi metabolisme tubuh, namun tidak dengan gas nitrogen.

Gas ini tidak digunakan oleh tubuh kita. Akibatnya, gas nitrogen akan terakumulasi dalam tubuh penyelam sesuai dengan durasi menyelam dan kedalaman penyelaman. Dengan kata lain, semakin dalam dan semakin lama kita menyelam, akumulasi nitrogen dalam tubuh penyelam pun akan semakin banyak.


Sumber : Ensiklopedia Dunia
Ditulis ulang 2dua.com dan juga merupakan kisah nyata cerita rakyat dari berbagai negara di dunia

Copyright Sadewa | Newsphere by AF themes.