October 27, 2020

2DUA.COM

Berita Unik Aneh Mistis

9 Air Terjun Tertinggi Di Dunia

9 min read
angel falls

angel falls

Pertama adalah Angel Falls terletak di Venezuela, tepatnya di Taman Nasional Canaima. Nama sungainya adalah Gauja (Rio Gauya), anak sungai Rio Churun. Tinggi air terjun tersebut adalah 979 m (3.212 kaki). Meskipun pertama kali dilihat pada awal abad ke 20 oleh penjelajah Ernesto de Santa Cruz, air terjun tersebut tidak dikenal dunia sampai ditemukan secara resmi oleh penerbang Amerika, James Crawford Angel yang sedang terbang mencari lokasi tambang emas. Pada 1936, James Angel kembali dan mendaratkan pesawatnya di dekat air terjun. Air terjun ini dinamakan “Air terjun Angel” untuk mengenang penemu nya, James Crawford Angel. Suku Indian Pemon menyebut air terjun ini sebagai  “Auyan Tepui ” (”Aiyan Tepui”) yang berarti Gunung Setan.

Tugela Falls
Tugela Falls

2. Tugela Falls
Air terjun Tugela Falls terletak di Afrika Selatan. Tepatnya berada di Taman Nasional Natal, Sungai Tugela River. Tinggi air terjun tersebut 948 m (3,110 kaki). Air terjun ini tertinggi kedua yang memiliki rata rata volume air 1 m3/detik.

Cataratas Las Tres Hermanas
Cataratas Las Tres Hermanas

3. Cataratas Las Tres Hermanas
Air Terjun Catarataslas Tres Hermanas berada di Peru (Cordillera Oriental). Tinggi air terjun tersebut 914 m (3000 kaki). Air Terjun ini merupakan ketiga tertinggi di dunia yang memiliki lingkungan indah dan terletak di hutan Amerika Selatan. Pepohonannya diduga mencapai ketinggian sampai 30 m. Sedangkan, di bawah air terjun tersebut ada sebuah danau dengan kedalaman mencapai 4 m. Lingkungan Air Terjun Cataratas Las Tres Hermanas memiliki keanekaragaman vegetasi dan hewan yang beraneka.

Oloupena Falls
Oloupena Falls

4. Oloupena Falls
Air terjun tersebut terletak di Peru. Tepatnya di Cuispes, Arizonas. Tinggi air terjun tersebut 896 m (2938 kaki). Meskipun air terjun tersebut luar biasa ketinggiannya, volume air yang dihasilkan tidak besar. Sebab, lokasinya cukup terpencil.

Vinnufossen
Vinnufossen

5. Vinnufossen
Air Terjun Vinnufossen berada di Norwegia. Tepatnya, terletak di Sundal, More Og Romsdal, Sungai Vinnu. Ketinggiannya 860 m (2822 kaki). Air terjun tersebut merupakan air terjun tertinggi di Eropa dan keenam di dunia.

Balaifossen
Balaifossen

6. Balaifossen
Air Terjun Baléifossen terletak di Norwegia. Tepatnya ada di Ulvik,Hordaland, Sungai Balai. Ketinggiannya 850 m (2788 kaki). Air terjun tersebut merupakan tertinggi kedua di Eropa dan ketujuh di dunia. Tetesan air terjun tersebut menuruni tebing setinggi 3.000 kaki ke perairan Osafjorden, anak sungai dari hulu Hardangerfjorden.

Pu'uka Oku Falls
Pu’uka Oku Falls

7. Pu’uka Oku Falls
Air Terjun Pu‘uka Oku Falls terletak di USA. Tepatnya di Molokai, Hawai. Ketinggiannya 840 m (2756 kaki). Pantai Utara Molokai memiliki tebing laut tertinggi di dunia. Setiap sungai yang turun dari atas tebing ini akan jatuh ribuan kaki ke laut. Termasuk air terjun tersebut.

James Bruce Falls
James Bruce Falls

8. James Bruce Falls
Air Terjun James Bruce Falls berada di kanada. Tepatnya di Princess Louisa Provincial Marine Park. Ketinggiannya 840 m (2755 kaki). James Bruce Falls adalah sebuah air terjun tinggi semi-musiman yang berasal
dari danau salju kecil yang bertengger di atas Pegunungan Prince Louisa. Nama James Brown adalah nama kakek dari seorang Surveyor yang meneliti air terjun tersebut.

Browne Falls
Browne Falls

9. Browne Falls
Air Terjun Browne Falls terletak di Selandia Baru, Fiordlands National Park. Ketinggiannya 836 m (2.744 kaki).  Air terjun tersebut berada di tengah tengah pemandangan yang menakjubkan di hutan hujan subtropis. Lalu, jatuh ke teluk sempit di antara tebing tinggi dekat Arm Hall. Seperti terlihat pada gambar, sumber air terjun tersebut adalah sebuah Danau 836 m di atas permukaaan laut yang saat penuh akan meluap ke sisi gunung.

Copyright Sadewa | Newsphere by AF themes.